Cara mengganti mirror repository NAT VPS Singapore

NATVPS.id – Dengan dirilisnya pilihan baru NAT VPS dengan region Singapore, NAT VPS Singapore menjadi pilihan alternatif dari NAT VPS Indonesia yang sangat menarik. Seperti Cara mengganti mirror repository NAT VPS Indonesia, kita akan mengganti mirror repository dari NAT VPS Singapore agar dapat mendownload dan mengupdate software dengan lebih cepat, karena menggunakan server yang lebih dekat.

Persiapan

Penggantian mirror repository ini dapat di terapkan di OS Ubuntu, Debian, dan Centos. Sebagai contoh kita akan menggunakan NAT VPS yang menjalankan OS Ubuntu, Debian, dan Centos.

Tahap penggantian mirror

Login ke NAT VPS melalui SSH, dan ketik perintah berikut untuk merubah mirror bawaan dengan mirror milik 0x.sg:

Ubuntu:

sed -i '/archive.canonical.com/s/^/#/' /etc/apt/sources.list && sed -i 's/archive.ubuntu.com/mirror.0x.sg/g;s/security.ubuntu.com/mirror.0x.sg/g' /etc/apt/sources.list && apt update

Debian:

sed -i 's/ftp.debian.org/mirror.0x.sg/g;s/deb.debian.org/mirror.0x.sg/g' /etc/apt/sources.list && apt update

Centos:

sed -i 's/enabled=1/enabled=0/g' /etc/yum/pluginconf.d/fastestmirror.conf && sed -i '/mirrorlist/s/^/#/;s/#baseurl/baseurl/g;s/mirror.centos.org/mirror.0x.sg/g' /etc/yum.repos.d/*

Hasil penggantian mirror repository

Ketik perintah berikut untuk mengecek repository yang sudah di ganti:

Ubuntu & Debian:

cat /etc/apt/sources.list

Centos:

yum repoinfo

Jika sudah berhasil, akan bermunculan URL mirror repository milik 0x.sg.

Penutup

Kita telah berhasil mengganti repository NAT VPS dengan mirror repository yang juga berada di Singapore. Instalasi dan update software di NAT VPS akan terasa lebih cepat sekarang. Sekian, terima kasih dan maaf bila ada salah kata.

Baca Juga:  Mengatasi Auto Disconnect Dalam Koneksi SSH

You May Also Like

About the Author: Kaname