Instalasi Coolify di NAT VPS

NATVPS.id – Coolify adalah layanan self-hosted untuk menghosting aplikasi, database, atau layanan Anda sendiri tanpa perlu mengelola server dari awal. Bisa dibilang Coolify adalah alternatif dari Heroku / Netlify yang bersifat opensource dan dapat dihosting sendiri. Instalasi Coolify dapat dilakukan di local machine maupun Cloud VPS, termasuk NAT VPS.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah instalasi Coolify di NAT VPS. Artikel ini menggunakan Ubuntu 22.04 sebagai acuan. Untuk OS lain, lihat dokumentasi resminya untuk informasi lebih lanjut.

Instalasi Coolify

Sebelum memulai instalasi, update indeks repositori menggunakan command:

apt update

apt update

Coolify akan menggunakan kedua port webserver yaitu 80 dan 443. Biasanya, port ini telah digunakan duluan oleh Apache dan exim4. Solusinya adalah dengan menghapus kedua package tersebut, dengan command:

apt purge apache2 exim4 -y

Hapus Apache & exim4

Selanjutnya, pasang package curl:

apt install curl -y

Install curl

Pada saat proses instalasi, Coolify akan menambahkan sebuah kunci publik SSH ke .ssh/authorized_keys. Untuk memastikan bahwa kunci milik Coolify ditambahkan dibawah kunci yang sudah ada, tambah newline pada file dengan cara:

echo "" >> .ssh/authorized_keys

Append newline

Saatnya memulai instalasi! Masukkan command berikut untuk mengunduh dan memulai script instalasi otomatis Coolify:

curl -fsSL https://cdn.coollabs.io/coolify/install.sh | bash

Install Coolify di NAT VPS (1)

Coolify akan memasang beberapa packages dan dependency yang diperlukan, seperti Docker, Tunggu hingga instalasi selesai.

Konfigurasi Port Forwarding

Mengingat kita menggunakan NAT VPS, konfigurasi port forwarding perlu ditambah agar dapat mengakses Coolify dari luar server. Buat konfigurasi port forwarding (TCP) yang mengekspos dua layanan Coolify:

  • Web server: port 8000
  • Realtime server: port 6001
Baca Juga:  Instalasi LibreSpeed di NAT VPS

Masukkan Source Port sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: https://natvps.id/penjelasan-domain-forwarding-di-nat-vps/

Penyesuaian Port Realtime/Websocket

Instalasi belum selesai. Karena kita menggunakan NAT VPS, sebuah port layanan pada Coolify perlu sedikit penyesuaian agar dapat bekerja dengan normal. Layanan ini adalah realtime server, yaitu websocket berbasis Soketi yang digunakan oleh Coolify untuk berinteraksi dengan backend dan mengupdate tampilan UI pada web secara dinamis.

Untuk mengubah port akses realtime server, buka file /data/coolify/source/.env menggunakan text editor favorit, seperti Vim atau Nano.

vim /data/coolify/source/.env

Lalu pada baris paling bawah, tambahkan dua baris berikut:

PUSHER_HOST=<IP Publik NAT VPS>
PUSHER_PORT=<Source Port untuk Realtime Server>

Contohnya, jika IP publik NAT VPS adalah 103.186.31.38 dan source port untuk realtime server adalah 35002, maka konfigurasi di atas akan menjadi:

Untuk menerapkan perubahan, jalankan kembali script instalasi Coolify seperti tadi:

curl -fsSL https://cdn.coollabs.io/coolify/install.sh | bash

Install Coolify di NAT VPS (2)

Tunggu hingga proses selesai.

Mengakses Coolify

Selesai! Coolify dapat diakses melalui alamat http://<IP Publik NAT VPS>:<Source Port Web Coolify>.

You May Also Like

About the Author: Hendra Manudinata