Cara membuat stasiun radio internet dengan NAT VPS

Cara membuat stasiun radio internet dengan NAT VPS

Diposting pada

NATVPS.id – Di tutorial sebelumnya, kita sudah membahas Cara Membeli dan Login NAT VPS. Mungkin agan suka mendengarkan musik melalui radio dan pernah memikirkan bagaimana cara membuat suatu stasiun radio. Kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat suatu stasiun radio melalui internet dengan software Icecast di NAT VPS.

Icecast adalah sebuah software server live streaming untuk menampung media streaming seperti audio dan video melalui internet secara real time.

 

Tahap-tahap instalasi

Persiapan

Icecast tidak membutuhkan spesifikasi server yang terlalu tinggi, jadi kita akan menggunakan NAT VPS termurah yang sudah kita gunakan di tutorial sebelumnya yaitu NAT 1GB dengan harga Rp15.000 yang spesifikasinya sangat bagus untuk harganya, yaitu mendapat 1 core dan RAM 1GB dengan OS Ubuntu, yang sudah lebih dari cukup untuk instalasi kali ini.

Cara membuat stasiun radio internet dengan NAT VPS

Kita juga akan menggunakan software gratis bernama butt (broadcast using this tool) untuk sumber audio

Instalasi Icecast

Masuk ke NAT VPS agan dan login, kemudian ketik:

apt update && apt install icecast2

dan tekan enter. Kemudian tunggu sebentar, akan muncul perintah untuk mekonfigurasikan Icecast, pilih Yes disini.

Cara membuat stasiun radio internet dengan NAT VPS

Isi hostname sesuai NAT VPS kita.

Isi password yang akan kita gunakan untuk radionya.

Jika sudah, masuk ke panel virtualizor NAT VPS, pilih NAT VPS kita dan tambahkan Domain Forwarding baru dan isi seperti berikut, dengan Source Port bebas:

Kalau sudah, silahkan klik tombol “Add” berwarna biru dibawah dan “Close”. Kemudian, masuk ke Source Domain/IP tertera dengan menambahkan port seperti berikut:

Baca Juga:  Cara mengakses Desktop NAT VPS melalui RDP

Konfigurasi butt (untuk sumber audio)

Jika sudah, masuk ke software butt yang sudah kita download tadi:

Masuk ke settings.

Dan pilih “ADD” dibawah server, kemudian ganti type ke “Icecast”, dan isi address dengan Source Domain/IP yang tertera diatas beserta port dan passwordnya. Isi mountpoint sesuai kemauan agan.

Kemudian save, tutup settingsnya, dan kembali ke tampilan butt. Klik tombol play untuk memulai streaming.

Jika sudah muncul seperti ini, artinya radio kita sudah berhasil streaming. Silahkan coba buka di device lain untuk mendengarkan.

Penutup

Kita telah berhasil menyelesaikan cara-cara membuat stasiun radio internet dengan NAT VPS. Anda dapat menyebarkan link radio anda untuk didengarkan di seluruh dunia. Selamat mendengarkan stasiun radio internet anda. Sekian, terima kasih dan maaf bila ada salah kata.