Instalasi Cockpit di NAT VPS

NATVPS.id – Cockpit adalah panel manajemen server berbasis web GUI yang digunakan untuk memantau penggunaan resource server, detail hardware, informasi sistem, dan lain sebagainya. Fitur-fitur yang tersedia hampir sama dengan Nezha Monitoring, bahkan lebih lengkap. Pada postingan kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya untuk memasang Cockpit di NAT VPS.

Tutorial ini akan menggunakan OS Ubuntu 20.04. Hampir semua distribusi Linux didukung. Silahkan cek panduan resmi Cockpit untuk informasi lebih lanjut. Tutorial ini juga dapat diaplikasikan di VPS normal (dedicated IPv4), dan akan lebih mudah karena tidak perlu mengatur port forwarding.

Memasang Panel

Tidak seperti Nezha Monitoring, Cockpit tersedia di repositori resmi Ubuntu, jadi tidak perlu untuk mengunduh dari pihak ketiga.

Pertama, update index repositori dengan command berikut:

apt update

Kemudian, pasang Cockpit:

DEBIAN_FRONTEND=noninteractive apt install cockpit -y

Instalasi Cockpit

Setelah instalasi berhasil, Cockpit akan berjalan di port 9090 dengan protokol HTTPS (self-signed certificate).

Pengaturan Port Forwarding

Layaknya seperti NAT VPS pada umumnya, pengaturan port forwarding perlu dilakukan agar program dapat diakses melalui IP publik shared. Mohon kontak penyedia NAT VPS masing-masing.

Untuk NAT VPS dari HostData.id, port forward dapat dilakukan melalui panel Virtualizor. Silahkan ikuti panduan di sini.

Atur port forwarding dengan konfigurasi berikut:

  • Protokol: TCP
  • Source Domain/IP: IP publik VPS (untuk HostData.id, pilih salah satu)
  • Source Port: Port bebas sesuka Anda
  • Destination IP: IP private VPS Anda
  • Destination Port: 9090

Pengaturan Port Forwarding

Selesai! Sekarang, Cockpit dapat diakses pada https://SourceIP:DestinationPort, misalkan (jika mengikuti konfigurasi diatas): https://103.180.125.227:9090. Pada menu login, silahkan isi dengan root sebagai username dan password VPS Anda sebagai password.

Jika terdapat warning/error mengenai koneksi yang tidak aman, silahkan mengabaikan pesan tersebut (karena menggunakan self-signed certificate) dan melanjutkan (Continue to xxxxx).

Tampilan Login Cockpit

Tampilan Halaman Depan Cockpit

Penutup

Demikainlah postingan kami mengenai langkah-langkah instalasi Cockpit pada NAT VPS. Semoga dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk join ke grup Telegram @IPv6Indonesia jika ada pertanyaan atau saran.

Baca Juga:  Instalasi CloudPanel di NAT VPS

Mohon maaf jika ada kesalahan kata, dan terima kasih sudah membaca!

You May Also Like

About the Author: Hendra Manudinata