Instalasi LibreSpeed di NAT VPS

Diposting pada

NATVPS.id – LibreSpeed adalah sebuah self-hosted speedtest website sederhana, menggunakan HTML5 dan JavaScript/PHP. LibreSpeed dapat digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet pengguna, dengan cara melakukan percobaan pingdownload, dan upload dari/menuju ke server tempat LibreSpeed dipasang. Pada postingan ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah instalasi LibreSpeed di NAT VPS.

Instalasi Docker

Sebelum memasang LibreSpeed, kita perlu memasang Docker terlebih dahulu, karena kita akan menjalankan LibreSpeed di atas container Docker.

Tutorial pemasangan Docker telah kami terangkan pada postingan terdahulu. Silahkan lihat disini. Jika sudah, lanjut ke langkah ke-2.

Instalasi LibreSpeed

Saatnya untuk memasang LibreSpeed.

Untuk memasang LibreSpeed, silahkan masukkan command dibawah. Perlu diketahui bahwa port 55007 adalah port untuk mengakses LibreSpeed di browser. Silahkan ganti sesuka Anda, namun biarkan port 80 (untuk Docker).

docker run -e MODE=standalone -p 55007:80 -d adolfintel/speedtest

Command di atas akan mengunduh dan menjalankan berkas image Docker LibreSpeed, serta mengarahkan (bind) port 80 container ke port 55007 VPS.

Instalasi LibreSpeed di Docker

Pengaturan Domain (Port) Forwarding

Agar program di NAT VPS dapat diakses dari luar, maka pengaturan domain forwarding menuju ke IP publik harus dilakukan terlebih dahulu. Silahkan baca disini untuk informasi lebih lanjut.

Pada panel Virtualizor atau sejenisnya, atur domain forwarding seperti berikut:

  • Protokol: TCP
  • Source Domain/IP: IP publik VPS (untuk HostData.id, pilih salah satu)
  • Source Port: Port untuk mengakses LibreSpeed (bebas).
  • Destination IP: IP private VPS
  • Destination Port: Port LibreSpeed pada command Docker sebelumnya (55007)

Pengaturan Domain (Port) Forwarding

Selesai!

Selamat! LibreSpeed telah berhasil dipasang. Silahkan akses melalui browser dengan alamat http://SourceIP:SourcePort, misalnya (jika mengikuti cuplikan layar di atas) http://103.180.125.227:55007.

Baca Juga:  Instalasi Cockpit di NAT VPS

Tampilan LibreSpeed

Konfigurasi Docker sebelumnya adalah konfigurasi minimal. Silahkan baca dokumentasi resminya untuk konfigurasi lebih lanjut.

Penutup

Demikainlah postingan kami kali ini. Semoga dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk join ke grup Telegram @IPv6Indonesia jika ada pertanyaan atau saran.

Mohon maaf jika ada kesalahan kata, dan terima kasih sudah membaca!